Kamis, 22 Desember 2011

Tempat Peluncuran Roket di Amerika

Jika sebelumnya kemarin kami memposting mengenai nasib Buran, pesawat ulang alik Rusia. Nah kali ini masih seputar dunia antariksa yaitu mengenai Museum Kennedy Space Central. Museum ini mengetengahkan sejarah dunia penerbangan antariksa Amerika, dan yang paling asyik adalah lokasi ini masih berada di dekat Cape Canaveral, pusat peluncuran roket-roket antariksa Amerika. Mau tahu gimana di dalamnya, yuk langsung kita tengok gambar dibawah ini.






Pintu masuk ke Kennedy Space Center, Cape Canaveral.


Namun karena lokasi museum ini berada di dekat wilayah NASA yang masih beroperasi, pengunjung tidak bisa masuk ke lokasi tertentu.



Menyaksikan pesawat roket meluncur agak sulit diprediksi, semua bisa terjadi di menit-menit terakhir, termasuk penundaan. Wisatawan mungkin harus menunggu di dalam hotel atau lokasi penginapan sampai jadwal peluncuran baru dirilis.



Platform (gambar diatas) digunakan untuk memindahkan roket dari lokasi perakitan ke lokasi peluncuran.



Mesin sebuah roket sedang dipajang.



Disini ditampilkan program angkasa  Saturn , dan program bulan.



Cape Canaveral sangat luas dan memiliki banyak lokasi peluncuran roket, untuk memudahkan wisatawan disediakan bus dengan rute yang telah ditentukan. Obyek wisata antara lain ruang perakitan, ruang observasi, dan museum


Roket-roket ini sangat berat, perlu perhitungan khusus untuk membuat penopang yang kokoh dan tahan lama.



Ini adalah roket terbesar dan terpanjang didunia dibuat oleh Wernher von Braun, ahli roket yang bekerja pada Nazi. Tahun 1945 von Braun merencanakan pelarian bersama stafnya. Dalam pelariannya mereka dikepung oleh Amerika, jika mereka ditangkap lebih dulu oleh tentara Soviet mungkin manusia yang pertama kali mendarat di bulan adalah orang-orang Soviet.



Ini adalah modul bulan yang digunakan astronot untuk mendarat di permukaan bulan.



Seharian berjalan-jalan tentu rasa lapar cepat datang, tenang, dengan $10 anda bisa dapat sup ayam, salad, kripik keju, dan teh.



Tidak boleh terlalu dekat ke lokasi peluncuran, disini disediakan tempat aman bagi wisatawan dan keluarga astronot untuk menonton peluncuran pesawat dari jarak aman.



Panel yang menunjukkan hitung mundur peluncuran, dilarang keras merokok dalam jarak 10 meter dari panel ini.



Dari sini jelas kelihatan pusat peluncuran roket





Burung-burung elang ini bertugas mengusir burung-burung dari lokasi peluncuran.





Inilah kondisi di dalam bagasi pesawat ulang alik, biasanya ditaruh satelit disini



Buat yang suka oleh-oleh tersedia pusat suvenir disini.


















sumber: http://www.anekainfounik.com/2011/06/waw-ini-dia-pusat-peluncuran-roket.html

0 komentar:

Posting Komentar