Jumat, 23 Desember 2011

[INFO] 31 Desember Bandung Ditutup Sejak Pukul 15.00




108CSR.com - Akses menuju Kota Bandung akan ditutup pada malam Tahun Baru sejak pukul 17.00 pada Sabtu, 31 Desember mendatang. Karena itu, warga yang berada di wilayah Kabupaten Bandung dan Cimahi yang akan merayakan malam pergantian tahun 2012 di Kota Bandung sebaiknya datang sejak siang.


"Jalur masuk ke Kota Bandung mulai pukul 5 sore akan ditutup. Jadi kami imbau datang ke Bandung sejak siang," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Widodo Eko Prihastopo, yang ditemui seusai gelar pasukan di Lapangan Gasibu, Jumat (23/12).


Menurut Widodo, pihaknya akan bekerja sama dengan Polres Bandung dan Polres Cimahi. Ia pun tak bisa memastikan sampai kapan penutupan akan dilakukan. "Petugas gabungan akan jaga-jaga di akses masuk menuju Kota Bandung dari dua wilayah itu," katanya.


Kasubag Humas Polrestabes Bandung Kompol Endang Sri Wahyu Utami menambahkan, penutupan akses masuk menuju Bandung dilakukan untuk menghindari lonjakan jumlah kendaraan menjelang malam pergantian tahun.


"Kami melakukan penutupan itu agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di sejumlah titik keramaian menjelang pergantian tahun," katanya.




Terkait dengan aktivitas pada malam Tahun Baru, Kapolrestabes menegaskan pihaknya akan menindak berandalan bermotor yang melakukan konvoi saat itu. Disebutkannya, aksi berandalan bermotor selama ini sudah mengarah kepada tindakan kriminal. Belum lama ini, Hamzah Hidayat alias Aconx (20) tewas dianiaya dan ditusuk berandalan bermotor di bawah Jembatan Pasupati.


"Siapa dan bagaimana berandalan bermotor itu, kita semua sudah tahu. Jelas kita larang mereka untuk melakukan aktivitas malam tahun baruan. Apalagi 'ular-ularan' di jalan berombongan," kata Widodo.


Pada dasarnya, ujar Widodo, berandalan bermotor sudah menyatakan membubarkan diri beberapa waktu lalu. Kalaupun pada saat ini masih ada yang "bandel", polisi tidak akan segan-segan menindak tegas sesuai prosedur yang berlaku.


"Sekalipun mereka minta pengawalan polisi, tetap tidak akan kami berikan izin. Kami tak mengizinkan berandalan bermotor melakukan pawai atau konvoi saat tahun baru nanti," ujar Kapolrestabes.


Kemarin, Kapolda Jabar Irjen Pol Putut Eko Bayuseno memimpin apel gelar pasukan pengamanan (pam) Operasi Lilin Lodaya 2011, Natal dan Tahun Baru 2012 di Lapangan Gasibu.



"Jumlah pasukan yang dilibatkan dalam pam tahun ini sebanyak 12.492 personel polri. Digabung dengan potensi lain, seperti TNI, pemda, pramuka, dan potensi masyarakat lainnya menjadi 12.950 orang. Operasi Lilin ini akan dilangsungkan selama 10 hari," kata Putut.


Khusus menjelang perayaan Natal, di Jawa Barat pengamanan akan dilakukan terhadap 570 gereja dan 156 rumah atau gedung yang dijadikan sebagai tempat ibadah.


Menurut data yang dikeluarkan Polda Jabar, Kabupaten Bogor memiliki gereja terbanyak, yaitu 118 buah. Kota Bandung memiliki 97 buah gereja, dan sebanyak 41 buah gereja ada di Kota Bogor.


"Mengantisipasi ancaman bom, terorisme, dan sabotase kami mengerahkan peralatan metal detector. Juga mengerahkan tim penjinak bom yang disiagakan. Selain itu fungsi intelijen dioptimalkan guna mendeteksi sejak dini potensi-potensi gangguan kamtibmas yang memanfaatkan momentum Natal dan Tahun Baru 2012 nanti," kata Kapolda.















0 komentar:

Posting Komentar