Jumat, 23 Desember 2011

Keunikan Festival Naadam di Mongolia


Naadam Festival merupakan perayaan tradisional Mongolia yang berarti "tiga permainan laki-laki". Olahraga seperti gulat, memanah, dan balap kuda dan juga unta merupakan olahraga tradisional yang diperingati saat Festival Naadam bangsa Mongolia.


Setiap tanggal 11 Juli, yaitu pada saat hari raya kemerdekaan Mongolia, bangsa Mongol akan menggelar acara tahunan olahraga tradisional yang dinamakan "nadam".


Jadi pada setiap hari perayaan kemerdekaan negaranya, pada tanggal 11 Juli itu pun bangsa Mongol menemukan jagoan-jagoan baru dalam ketiga olahraga tradisional mereka tersebut.


Salah satu bagian acara dalam nadam adalah festival gulat. Dalam festival ini, berisikan kompetisi gulat secara nasional, sehingga akan ditemukan jagoan-jagoan gulat baru.


Seperti hari perayaan kemerdekaan negara-negara lainnya, pada hari itu, seluruh warga negara Mongolia hiruk pikuk berkumpul bersama baik di desa-desa maupun di kota-kota untuk menyaksikan aksi-aksi menawan dari para pegulat, pemanah, dan pebalap kuda, selama tiga hari berturut-turut.


Kompetisi besar gulat diselenggarakan di ibukota Ulanbator, dan kompetisi tersebut merupakan ajang bergengsi bagi para psertanya karena merupakan kompetisi bertaraf nasional.


Ada cerita unik mengenai pakaian khas para pegulat, yaitu kaos lengan panjang yang tidak ada bagian depannya. Konon menurut cerita rakyat, dulu pernah ada seorang wanita yang menyamar sebagai manusia dan memenangkan acara gulat. Sehingga, agar penipuan itu tak terjadi lagi, pegulat diharuskan bersaing bertelanjang dada.


Walaupun festival yang berisikan acara olahraga yang sangat laki-laki, namun para kaum perempuan jugabisa ikut bersaing dalam kompetisi memanah dan menjadi joki dalam pacuan kuda.
GALERY FESTIVAL NAADAM


OLAHRAGA BALAP UNTA
Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :














sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11847043

0 komentar:

Posting Komentar