Kamis, 22 Desember 2011

Penyebab Payudara Perempuan Berukuran Kecil

Setiap perempuan pasti ingin memiliki payudara yang sempurna. Tapi sayangnya ada beberapa orang yang payudaranya tidak berkembang secara sempurna atau berukuran kecil. Kenapa bisa begitu?


Payudara yang tidak berkembang sempurna termasuk memiliki ukuran payudara yang kecil dan payudara hypoplastic (payudara gagal tumbuh saat pubertas). Jika perkembangan payudaranya tidak sempurna, maka ia akan melihat payudaranya tidak penuh secara normal dan terasa sempit, kadang ada juga ditandai dengan bentuk puting susu yang tidak biasa.

Beberapa hal diketahui bisa membuat seseorang memiliki ukuran payudara kecil seperti genetika, kekurangan gizi serta memiliki kandungan lemak yang rendah di tubuh, seperti dikutip dari Livestrong, Selasa (20/12/2011).

Selain itu ada pula kondisi lain yang bisa membuat perkembangan payudara tidak sempurna yaitu:

1, Kekurangan hormon
Masa pubertas dipicu oleh meningkatkatnya kadar hormon estrogen yang diproduksi ovarium. Semakin tinggi estrogen yang diserap oleh reseptor di payudara akan memicunya untuk tumbuh. Jika hormon estrogennya sedikit maka pertumbuhannya akan terhambat.

2. Anoreksia
Anoreksia akan membuat seseorang kekurangan gizi sehingga pertumbuhan payudaranya terhambat. Salah satunya kekurangan zat seng yang bisa menunda pertumbuhan payudara.

3. Penyakit sistemik
Penyakit sistemik bisa mempengaruhi sejumlah organ dan jaringan seperti payudara, yang termasuk penyakit sistemik seperti gagal ginjal kronis dan penyakit inflamasi usus.

Dampak sosial dari perkembangan payudara yang tidak sempurna ini bisa mempengaruhi psikologis seorang perempuan khususnya remaja seperti hilangnya kepercayan diri dan kurangnya perasaan untuk menghargai dirinya sendiri.

Jika memang khawatir dengan ukuran payudara yang dimiliki, maka cobalah kunjungi dokter untuk tahu apa penyebabnya sehingga bisa diketahui tindakan apa yang perlu dilakukan untuk memperbaikinya. Beberapa perempuan memilih menggunakan implan payudara untuk meningkatkan ukurannya.

  sumber: detikhealth.com

0 komentar:

Posting Komentar